Blanko Undangan Yang Dapat Dicetak Dengan Printer

Mencetak undangan, dapat menggunakan dua metode, yaitu mencetak menggunakan printer dan mencetak dengan cara sablon atau offset. Ada juga metode cetak poli emas yang bisa diterapkan untuk menuliskan nama diatas kertas undangan. Bagi Anda yang sudah memiliki cukup modal, Anda bisa menggunakan metode sablon atau offset  apabila metode cetak poli emas dalam mencetak undangan Anda akan membutuhkan peralatan sablon seperti tinta sablon.

Namun, apabila anda baru memulai usaha pembuatan Blanko Undangan, maka metode cetak undangan menggunakan printer bisa Anda terapkan. Salah satu keuntungan metode cetak printer dari segi biaya yang Anda keluarkan jauh lebih murah dibandingakan cetak sablon atau offset, sebab Anda hanya akan membutuhkan printer dan kertas undangan yang akan dicetak.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua blanko undangan bisa dicetak menggunakan printer. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya dalam mencetak menggunakan printer, yaitu:

  1. Ukuran blanko yang hendak dicetak sisi paling kecilnya memiliki ukuran maksimal 21,7 cm. Hal ini disesuaikan dengan ukuran pada feed printer.

Apabila sisi terkecilnya lebih dari ukuran maksimal tersebut, maka undangan tersebut tidak bisa dicetak menggunakan printer, karena ukurannya terlalu besar dan tidak sesuai dengan ukuran printer.

  1. Ukuran sisi terkecil undangan yang akan dicetak harus rata disalah satu sisinya, tidak memiliki bentuk melengkung atau bergelombang, agar saat mencetak Blangko Undangan sisi yang rata itu bisa dimasukkan pada printer untuk dicetak.

Jika salah satu sisi undangan tidak rata, bergelombang dan melengkung, maka sulit untuk ditempatkan pada printer dan kemungkinan besar hasil cetakannya tidak maksimal dan tidak sempurna.

  1. Bahan blanko yang bisa dicetak menggunakan printer biasanya menggunakan bahan kertas BC atau Brief Card, bukan bahan kertas Art Paper, Art Carton, dan Ivory.

Pada umumnya, kertas BC atau Brief Card dikenal sebagai kertas manila. Jenis kertas ini memiliki 5 warna seperti kuning, hijau, putih, merah, dan biru. Bahan kertas inilah yang paling cocok digunakan untuk undangan yang akan dicetak dengan printer.

Jenis kertas Art Paper merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki tekstur permukaan yang halus dan licin. Anda dapat menemui jenis kertas ini di majalah, katalog, dan brosur. Anda tidak bisa mencetak undangan yang terbuat dari jenis kertas ini menggunakan printer, sebab ada tinta khusus yang digunakan untuk mencetak.

Jenis kertas lainnya yang tidak dapat dicetak dengan printer adalah Art Carton dan Ivory. Jenis Art Carton hampir sama dengan Art Paper, yang membedakan hanyalah ketebalannya dibandingkan Art Paper. Biasanya, Art Carton digunakan untuk mencetak cover buku, brosur, kartu nama, paperbag, map, dan lain-lain. Sedangkan jenis kertas ivory juga hampir sama dengan Art Carton, hanya saja ivory hanya memiliki sebuah sisi licin, dan sisi lainnya tanpa coating. Kertas Ivory banyak digunakan untuk dus-dus kosmetik, paperbag, dan juga kardus pembungkus handphone.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *