Hal-hal Yang Biasanya Ada Dalam Blangko Undangan

Undangan merupakan salah satu hal yang biasanya dibuat sebelum menggelar atau melakukan hajatan tertentu. Sebut saja, pesta pernikahan, selamatan kelahiran,  aqiqah anak, atau sekedar syukuran karena telah mendapatkan hal baik dalam hidup. Dengan kata lain, blanko undangan adalah hal yang biasa ada sebelum terselenggaranya acara tertentu.

Tapi meski demikian, ada juga orang yang belum mengerti bagaimana membuat undangan yang baik, dan bahkan kurang paham tentang isi di dalam undangan tersebut. Ini biasa terjadi dan merupakan  hal yang lumrah, sebab membuat undangan tidak selalu dibuat setiap hari. Tapi baiknya Anda mengetahui apa saja yang harus ada dalam undangan agar jangan sampai Anda kebingungan ketika akan mengelar acara atau hajatan. Berikut ada daftar yang harus Anda tuliskan dalam undangan. Berikut informasinya.

Nama Yang Mengundang Sudah Pasti, Berhati-hatilah Dalam Menulis Nama dan Gelar Calon Tamu Undangan

Pada dasarnya yang harus dituliskan dalam setiap undangan adalah sama. Muatan di dalamnya sama termasuk nama yang mengundang, dimana dan kapan hajatan berlangsung.

Secara garis besar dapat disingkat hal yang harus dituliskan hanya, nama, tempat dan tanggal serta waktu kegiatan, jenis acara serta hal – hal lain yang terkait dengan acara inti. Khusus untuk blanko undangan pernikahan hal yang wajib dituliskan adalah sebagai berikut;

  1. Nama kedua calon pengantin
  2. Keluarga kedua mempelai yang mengundang
  3. Tanggal Akad dan Resepsi
  4. Tempat Akad dan Resepsi
  5. Acara Inti

Kelima hal tadi adalah yang harus dituliskan dalam sebuah undangan pernikahan. Tetapi untuk pengembangan biasanya juga dituliskan tambahan seperti, bawaan yang undangan perlu dibawa para tamu, biasanya bisa dituliskan dengan maksud tertentu seperti misalnya; tidak menerima, hadiah dalam bentuk kado.

Ini bermaksud bagi tamu undangan diharapkan hanya memberikan amplop berisi uang sebagai tanda selamat atas pernikahan yang dilangsungkan. Bisa juga dalam blanko undangan ditambahkan pakaian apa yang harus dikenakan oleh para tamu (dresscode), bermacam-macam tergantung dari konsep pernikahan yang disusung apakah baju adat, cassual, formal atau apa saja sebagaimana yang dikehendaki oleh keluarga besar dari tuan rumah yang mengundang.

Sebagai tips tambahan, sebaiknya jangan sampai Anda menuliskan nama, gelar atau apa saja terkait dengan identitas (tamu undangan), sebab hal tersebut terkait dengan nama baik dan kesopanan dari tamu undangan yang diharapkan hadir. Pilih undangan yang memuat tambahan informasi seperti, mohon maaf jika ada  kesalahan penulisan nama atau gelar.

Informasi semacam itu biasanya sudah diketahui pihak percetakan atau tukang cetak blanko undangan. Tetapi ada baiknya Anda tetap harus menyampaikannya lagi jangan sampai halk tersebut terlupa untuk dicantumkan oleh pihak percetakan atau tukang cetak yang mencetak blanko undangan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *